Apa UMKM Membutuhkan Sebuah Website?
Sebagai pemilik bisnis saya yakin pertanyaan ini sering terlintas di kepala kalian, namun izinkan saya menuangkan pendapat saya.
- Memiliki sebuah website berarti membuat bisnis kalian menjadi relevan di era modern ini.
Hampir 90% komunitas pekerja Indonesia memiliki kehadiran online. Alasan utama kenapa sebuah bisnis harus bisa dijangkau secara online adalah karena saat ini orang-orang selalu menggunakan Internet untuk mencari informasi tentang produk atau layanan tertentu. Mayoritas dari orang-orang tersebut pada akhirnya akan memesan barang atau jasa secara online. Jadi bisa disimpulkan jika kalian tidak membuat bisnis kalian bisa diakses secara online, kalian mungkin akan kehilangan semua klien potensial yang menggunakan Internet. - Website adalah jalan masuk, pintu dan gapura selamat datang sebuah bisnis. Website harus terlihat sangat menarik dan juga informatif karena website adalah hal pertama yang akan menarik perhatian para calon konsumen.
- Data menunjukkan bahwa lebih dari 70% UMKM sudah memiliki sebuah website. Dan banyak dari pemilik bisnis tersebut mengakui bahwa dengan membuat sebuah website mereka dapat meningkatkan kesadaran dan eksposur para konsumer ke brand milik mereka. Data tersebut menunjukkan bahwa agar kalian bisa tetap bertahan dalam kompetisi pasar saat ini, sangat penting untuk memiliki semacam kehadiran secara digital. Jika para pesaing bisnis kalian belum memiliki sebuah website yang proper, kalian pasti akan memiliki sebuah keunggulan mutlak dari para pesaing kalian.
- Sebuah website bisa menunjukkan kepada calon klien potensial apakah bisnis kalian cocok untuk mereka atau tidak. Karena itu sangat penting untuk memberikan penjelasan serinci mungkin terkait layanan atau produk kalian ke dalam website tersebut sehingga dapat membantu calon klien kalian dalam membuat keputusan.
- Saat kalian ingin mencari suatu produk/layanan atau bahkan jawaban dari suatu pertanyaan, apa yang kalian lakukan? Bisa dipastikan, sebagian besar dari kalian akan menjawab membuka GOOGLE. Karena itu, orang-orang perlu menemukan bisnis kalian di GOOGLE.
- Website itu sendiri sebenarnya merupakan toko online milik kalian yang bisa kalian gunakan untuk memamerkan produk atau layanan kalian, brosur, katalog dan lain sebagainya. Dan di era saat ini, hampir semua orang menggunakan perangkat seluler, karena itu website kalian harus optimal saat dibuka di perangkat seluler.
- Memiliki sebuah website yang profesional berarti orang yang mencari bisnis kalian akan dengan mudah menemukan kalian lalu mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, jika kalian bisa mengoptimalkan website kalian, hal ini juga juga bisa membuat orang-orang yang bahkan tidak mengetahui bisnis kalian menemukan kalian dan berpotensi menjadi konsumer.
- Buatlah halaman yang berisi kata kunci (keyword) yang kuat tentang layanan yang kalian tawarkan dan area mana saja yang kalian cakup. Dengan cara ini dan juga dengan bantuan toko-toko terdekat, kalian bisa saja mendapatkan pelanggan yang memang ingin membeli produk kalian di toko-toko terdekat.
- Memiliki website bisa memberikan semacam legitimasi terhadap bisnis kalian. Ketika seseorang mencari produk atau layanan kalian secara online, tentu saja kalian ingin mereka menemukan produk atau layanan milik kalian. Selain itu, memiliki nama domain kalian sendiri (perusahaan.com) memberikan legitimasi tambahan pada alamat email kalian — jika kalian mengirim email ke calon pelanggan menggunakan email pribadi, mereka mungkin tidak akan membukanya sama sekali.
- Memiliki website sangatlah penting selama masa Pandemi. Selama pandemi, hal ini mungkin satu-satunya cara agar calon pelanggan bisa menemukan produk atau layanan kalian. Selain itu, saat ini para pelanggan sangat suka berbelanja dari rumah. Bisnis yang tidak memiliki website akan kehilangan pelanggan tersebut. Selain itu bisnis tersebut juga akan dianggap ketinggalan zaman atau tidak relevan bagi orang-orang yang selalu menggunakan internet di kehidupan sehari-hari mereka.
- Memiliki website juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kalian. Di era digital ini, orang-orang justru akan merasa curiga jika kalian tidak punya website untuk bisnis kalian dan juga kalian juga tidak akan bisa mengonversi tingkat penjualan sebanyak yang bisa lakukan jika kalian memiliki sebuah website atau bisa diakses dengan mudah dengan menggunakan internet. Para pelanggan akan mencari bisnis kalian secara online dan memiliki website merupakan salah satu kriteria untuk mendapatkan kepercayaan mereka.
- Membuat sebuah website sama seperti Ketika kalian menanam sebuah benih. Membuat website adalah langkah pertama untuk menempatkan bisnis kalian di lingkungan yang dapat berkembang. Hal ini memungkinkan kalian mempromosikan produk kalian, membangun kredibilitas, membedakan bisnis kalian dari para pesaing dan tentu saja – bersaing. Jika kalian tidak mempergunakan bantuan internet, bisnis kalian tidak akan menjadi kompetitif dan bahkan bisa saja kehilangan peluang, bahkan dari pelanggan setia. Jika pelanggan kalian tidak bisa menemukan kalian, mereka pasti akan berpaling ke lain hati.
- Website adalah salah satu investasi terbaik yang bisa kalian lakukan. Ketika kalian beroperasi dari satu tempat, apa yang bisa kalian lakukan cenderung terbatas oleh tempat dimana kalian berada. Dengan adanya sebuah website, kalian bisa dengan mudah menjangkau orang-orang di negara lain atau di belahan dunia lain. Beberapa dari orang-orang ini mungkin akan menjadi pelanggan, investor atau supplier kalian; dan mereka tidak akan pernah bisa menemukan kalian jika kalian tidak punya website.
- UMKM harus bisa memanfaatkan website mereka untuk menjangkau basis kliennya, bereaksi dan berkomunikasi secara langsung serta efektif ke para klien dan juga calon klien mereka. Selain itu, para konsumen menggunakan website tidak hanya untuk mengidentifikasi bisnis yang akan digunakan untuk melakukan transaksi, tetapi juga untuk mengukur kepercayaan atau ‘kecocokkan’ UMKM tersebut. Website yang tidak memadai atau telah ‘ketinggalan jaman’ bisa membuat UMKM terlihat malas melayani pelanggan mereka atau tidak menarik bagi para konsumen saat ini – hal ini menyebabkan para calon klien kalian berpindah ke tempat lain.
Nah sampai sini, sebagai pemilik UMKM apa kalian sudah mengerti betapa pentingnya sebuah website untuk bisa bersaing di era digital?